Kunci Gitar Cara Mengganti Fret Gitar


  • fast
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • dyasnina scroll
Tempo  

loading...

Kalian pasti sudah tahu kan apa itu Fret. Yah, pada gitar listrik maupun gitar akustik terdapat sebuah logam pembatas yang memisahkan antar bar atau antar nada do sampai dengan si. pembatas tersebut disebut fret. Fungsinya yaitu untuk menentukan tinggi rendahnya nada yang dihasilkan oleh senar gitar.

Nah, setelah karena kemarin saya berexperimen mengganti fret pada gitar kesayangan saya dan hasilnya menurut saya memuaskan. Maka, hari ini akan saya share bagaimana cara mengganti fret gitar sendiri.

Saya sendiri memutuskan untuk mengganti fret karena memang suara yang dihasilkan oleh gitar saya pada fret ke 2 sudah sangat cempreng dan fals dikarenakan fret sudah aus / menipis terkena gesekan senar terus menerus. Maklum, gitar tersebut sudah dipakai sekitar 8 tahunan.
Penampakan fret yang saya ganti bisa dilihat dibawah ini.
Cara Mengganti Fret Gitar

Mengganti fret pada gitar sebenarnya tidak sulit namun tidak mudah juga karena butuh kesabaran dan harus berhati-hati agar neck gitar tidak rusak saat hendak melepaskan fret dari neck / stang. Untuk melepaskan fret dari neck, kita hanya membutuhkan cutter dan obeng minus yang ujungnya tipis. Lebih lengkap mengenai caranya adalah sebagai berikut.

1. Lepaskan semua senar dari gitar.

2. Gunakan cutter terlebih dahulu untuk mencongkel bagian pinggir fret karena pisau cutter lebih tipis jadi bisa masuk ke sela-sela fret dan neck. Apabila sudah terbuka sedikit, kita dapat melanjutkan dengan menggunakan obeng minus. Untuk mencongkelnya jangan buru-buru dan lakukan perlahan agar neck tidak rusak. Congkel dari pinggir, jangan dari tengah.

3. Setelah fret terlepas selanjutnya bersihkan lubang neck tempat fret agar tidak ada kotoran atau serpihan kayu yang tertinggal.

4. Pastikan panjang fret sudah sesuai dengan lebar neck / stang gitar agar saat sudah terpasang tidak kesulitan untuk memotongnya. Kalian bisa memotongnya dengan tang potong.

5. Oleskan Lem, waktu kemarin saya menggunakan lem alteco karena lebih cepat kering. Kalian bisa menggunakan lem kayu. Apabila menggunakan lem alteco maka fret baru sudah harus siap dipasang agar lem tidak kering duluan.

5. Setelah terpasang maka pukul fret tersebut menggunakan palu dari kayu agar fret tidak rusak. Pastikan fret terpasang sempurna, tidak miring ke kanan maupun ke kiri.

6. Apabila fret masih terlalu panjang, kalian bisa menggunakan kikir atau amplas besi untuk menyesuaikan panjangnya. Lakukan dengan hati-hati agar neck tidak ikut tergores

7. Setelah fret terpasang rapi, selanjutnya pasang senar dan stem gitar.
Waktu kemarin saya stem, gitar tersebut suaranya masih agak cempreng. Ternyata neck gitar saya sedikit melengkung / bengkok. Namun, setelah diluruskan menggunakan Truss Rod suaranya sudah kembali normal dan sudah tidak cempreng / fals.

Baca juga : cara meluruskan neck gitar yang bengkok

Catatan :
– Yang saya lakukan di atas hanya mengganti 1 fret saja, bukan semua.
Setelah membaca cara mengganti fret gitar di website lain, dikatakan bahwa untuk mengganti fret harus semua dikarenakan ketinggian fret yang saat ini terpasang bisa saja tidak sama dengan fret yang baru.
Saya hanya mengganti 1 fret dan mengorbankan 1 fret terakhir pada gitar saya. Jadi, tidak menggunakan fret baru sama sekali.
– Karena gitar saya memiliki 20 fret, fret ke 20 saya korbankan untuk mengganti fret ke 2 karena saya juga jarang sekali untuk memetik sampai fret ke 20 jadi fret tersebut masih mulus. 😀
– Pikirkan dahulu apabia ingin mengganti fret sendiri. Apabila ragu-ragu mendingan dibawa saja ke tukang service gitar untuk ganti fretnya.
– Diatas merupakan pengalaman pribadi saya dikarenakan rasa penasaran dan keinginan untuk belajar.
– Apabila kalian ingin melakukannya sendiri di rumah maka resiko ditanggung sendiri. 😀
– Apabila terdapat kesalahan kata mohon dimaafkan.

loading...

Posted on : by
Related Chords:

Advertisement