Kunci Gitar Cara Meluruskan Neck / Stang Gitar Yang Bengkok


  • fast
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  • dyasnina scroll
Tempo  

loading...

Neck Gitar Bengkok atau Melengkung merupakan salah satu masalah yang ada pada gitar. Namun tidak perlu kuatir karena masalah tersebut masih dapat diatasi. Namun, tentunya kita harus berhati-hati dalam memperbaikinya agar tidak terjadi kesalahan yang akan menimbulkan masalah lain lagi.

Untuk memperbaiki neck gitar yang bengkok / melengkung kita hanya membutuhkan “Kunci L”. Biasanya kunci L sering digunakan di bengkel sepeda / sepeda motor. Penampakannya seperti dibawah ini 🙂
kunci L untuk truss rod

Nah, didalam neck gitar sebenarnya terdapat besi panjang yang berguna untuk meluruskan neck gitar dan biasa disebut “Truss Rod“.

Truss Rod ini dapat kita gunakan untuk meluruskan neck gitar yang sudah bengkok, entah itu bengkok cekung maupun cembung. Neck yang bengkok cekung maupun cembung contohnya seperti gambar dibawah ini.
cara memperbaiki neck gitar bengkok

Pada gitar elektrik dan akustik, letak truss rodnya berbeda. Truss rod pada gitar listrik / elektrik biasanya terdapat pada bagian headstock. Seperti dibawah ini.
Truss Rod Gitar Electric

Sedangkan pada gitar akustik biasanya letak truss rod terdapat di dalam lubang body / sound hole. Seperti gambar dibawah ini.
Truss Rod pada Gitar Akustik

A : Gitar saya gak ada Truss Rodnya, trus gimana ?
B : Wah, ya nasib 🙂

A : Gitar saya necknya patah, apakah bisa diluruskan ?
B : Lebih baik anda kembali ke jalan yang benar, Hehe, bercanda 😛

Sebelum mulai memutar truss rod dengan kunci L, terlebih dulu pastikan neck kalian bengkok cekung atau cembung. Caranya yaitu dengan menggunakan senar, karena senar selalu lurus dan tidak bengkok.

Tekan senar ke 6 pada fret 1 dan fret 14 secara bersamaan, apabila terdapat jarak antara senar dengan fret berarti neck kamu bengkok cekung. Tapi apabila tidak ada jarak antara senar dengan fret / senar menempel semua dari fret 1 sampai fret 14 berarti kemungkinan neck tersebut lurus atau malah cembung.

Jika neck bengkok cekung, maka senar menjadi tinggi dan terasa lebih kencang saat ditekan. Untuk meluruskannya yaitu dengan memutar Trush Rod searah jarum jam / diputar ke kanan.

Dan Jika neck bengkok cembung, maka senar menjadi lebih dekat dengan fret (ceper). Saat senar ditekan biasanya terasa lebih empuk / ringan tapi dapat menimbulkan suara fals karena fret berbenturan dengan senar. Cara mengatasinya yaitu dengan memutar Truss rod berlawanan arah jarum jam / diputar ke kiri.

Putar Truss Rod sedikit demi sedikit sambil mengecek apakah sudah ada perubahan pada neck.

Seperti itulah Cara Meluruskan Neck / Stang Gitar Yang Bengkok. Untuk mengutak-atik truss rod sebaiknya berhati-hati karena jika tidak dilakukan dengan benar maka gitar malah bisa rusak.

Jika ingin utak-atik truss rod, resiko ditanggung sendiri ya. Kami sarankan dilakukan oleh yang sudah ahli atau bisa dibawa ke tukang service gitar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat 🙂

loading...

Posted on : by
Related Chords:

Advertisement